Revolusi Kesehatan : Perawatan Diabetes Harian Di Rumah


Perawatan diabetes harian di rumah adalah perawatan yang harus dilakukan oleh penderita diabetes untuk mengatur kadar gula darah mereka. Karena tidak bisa dipungkiri lagi jika jumlah penderita diabetes di Indonesia meningkat setiap tahunnya. Peningkatan jumlah penderita diabetes disebabkan karena pola hidup mereka yang tidak sehat sehingga meingkatkan kadar gula di dalam tubuh. Gula darah adalah bahan bakar tubuh yang digunakan untuk kerja otak, jaringan tubuh dan sistem saraf. Gula darah didapatkan dari mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, lemak dan protein.
Tentunya kadar gula yang tinggi sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh. Maka dari itu, perawatan diabetes sangat perlu dilakukan. Perawatan yang bisa dilakukan dirumah meliputi makanan yang boleh dikonsumsi untuk program diet kadar gula, olahraga dan sebagainya.

Makanan Yang Boleh Dikonsumsi Oleh Penderita Diabetes

Penderita diabetes tidak bileh sembarangan dalam mengonsumsi makanan. Karena, jika salah makanan saja bisa menyebabkan kadar gula darah meningkat. Maka dari itu, harus diketahui jenis makanan apa saja yang diperbolehkan. Biasanya bagi penderita diabetes akan diberikan terapi pola makan yang teratir atau biasa dikenal dengan nutrisi medis. Terapi ini bertujuan agar penderita diabetes bisa selalu mengonsumsi makanan bergizi, rendah lemak dan kalori sehingga kadar gula dalam darah bisa terkontrol. Berikut ini beberapa contoh pilihan makanan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.
  1. Brokoli
Sebuah riset telah membuktikan bahwa brokoli mengandung senyawa sulforaphane yang dapat melindungi dan memperbaiki dinding pembulu darah dari kerusakan kardiovaskular akibat diabetes. Senyawa ini juga dapat memicu proses anti inflamasi, meningkatkan detoksifikasi alami dalam tubuh, mengontrol kadar gula serta meningkatkan produksi enzim yang menetralkan zat – zat kimia berbahaya penyebab kanker. Brokoli juga mengandung kromium yang membantu meningkatkan kadar insulin di dalam tubuh.
  1. Oatmeal
Dalam memilih sumber karbohidrat juga tidak kalah penting untuk oenderita diabetes karena bisa berpengaruh besar oada kadar gula darah. Para ahli menganjurkan untuk mengonsumsi gandum utuh seperti oatmeal yang mengandung karbohidrat kompleks dan serat larut tinggi. Serat ini nantinya akan dicerna oleh tubuh dengan lebih lambar sehingga dapat mengendalikan kadar glukosa darah.
Oatmeal juga sumber magnesium yang tinggi sehingga dapat membantu tubuh untuj mengolah glukosa dan mensekresi insulin dengan baik. Menurut penelitian, orang yang rajin mengonsumsi oatmeal juga dapat menurunkan resiko komplikasi diabetes salah satunya yaitu serangan jantung.
  1. Bayam
Sebuah penelitian menunjukan bahwa orang yang mengonsumsi bayam atau sayuran berdaun hijau lainnya lebih dari satu porsi dapat menurunkan resiko diabetes. Karena sayuran berdaun hijau kaya akan vitamin K serta mineral magnesium, fosfor, folat, seng, dan potasium. Bayam juga mengandung senyawa lutein, zeaxanthin, dan flavonoid lainnya.
  1. Ikan
Ikan tidak hanya dikenal dengan protein yang tinggi dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Ikan juga mengandung lemak omega 3 yang dapat meredakan peradangan. Penelitian menunjukan bahwa memiliki asam lemak omega 3 yang tinggi di dalam darah akan membantu dalam anti inflamasi. Karena inflamasi yang serius dapat memperburuk penyakit diabetes dan menyebabkan masalah berat badan.
Dengan memasukan menu ikan di dalam daftar diet Anda dapat membantu mengurangi resiko terkena komplikasi diabetes berupa stroke. Tetapi ingat bahwa ikan yang dikonsumsi harusnya dipanggang atau dikukus karena jika ikan goreng atau cepat saji malah akan meningkatkan resiko penyakit yang sama.
  1. Blueberry
Salah satu jenis berry yang satu ini mengandung serat tak larut yang dapat menghilangkan lemak dari tubuh dan serat larut yang dapat diolah lebih lama dalam tubuh untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Sebuah penelitian menunjukan bahwa mereka yang lebih sering mengonsumsi blueberry dapat menurubkan kadar gula dalam darah, mengatasi depresi dan meningkatkan daya ingat.

Hal ini disebabkan karena bluberry memiliki kandungan antosianin yang merupakan senyawa kimia alamj yang dapat memperkecil sel lemak dan meningkatkan produksi adiponektin yang dapat menjaga agar kadar gula darah tetap stabil dan rendah, juga meningkatkan sensifitas tubuh terhadap insulin. Bahkan banyak yang menyebutkan blueberry sebagaj “Diabetes Superfood” karena manfaatnya yang baik bagi kesehatan tubuh.


Perawatan Diabetes Di Rumah

Selain mengonsumsi makanan yang dianjurkan dalam menu diet diabetes, ada beberapa perawatan diabetes yang harus dilakukan untuk tetap menjaga kadar gula di dalam darah. Berikut ini beberapa perawatan diabetes yang bisa dilakukan di rumah :
  • Berolah raga dengan teratur : Olahraga dengan teratur juga merupakan perawatan diabetes yang dapat dilakukan di rumah. Dengan berolah raga dengan teratur dapat mengontrol kadar gula dalam darah. Karena kadar kolesterol dan ADL dalam tubuh juga bisa meningkat dengan sendirinya. Jenis olahraga yang sangag baik untuk penderita diabetes adalah aerobik. Tetapi, penderita diabetes juga bisa melakukan olahraga lainnya misalnya jalan pagi, bersepeda atau berlari – lari kecil.
  • Mengonsumsi obat – obatan secara teratur : Seperti kebanyakan penderita penyakit lainnya, diabetes juga mempunyai beberapa obat – obatan yang harus dikonsumsi. Obat – obatan yang dikonsumsi pun juga mempunyai jadwal dan dosis tertentu. Maka dari itu ada baiknya untuk menjaga jadwal dan dosis yang dianjurkan. Sangat disarankan bagi penderita diabetes agar bisa melakukannya sendiri, tatepi mereka juga bisa meminta bantuan medis.
  • Menghindari komplikasi yang disebabkan oleh diabetes : Seperti yang kita ketahui bahwa penderita diabetes memiliki luka yang sangat sulit disembuhkan. Untuk meminimalisir hal ini penderita diabetes bisa mengoleskan lotion yang tidak menimbulkan alergi. Dan pastikan tidak terlalu sering memotong kuku ataupun jika memotong kuku jangan terlalu dalam. Alangkah baiknya untuk mengikir kuku agar ujungnya tidak terlalu dalam.
  • Memonitor kadar gula darah : Kebanyakan diabetes disebabkan oleh kadar gula darah yang tinggi. Alangkah baiknya penderita diabetes dapat memonitor kadar gula darah mereka. Waktu yang terbaik untuk memonitor adalah sebelum sarapan dan makan malam

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »